Dua belas Negara Paling Bahagia

Posted: July 8, 2010 in Ter-inspirasi

Salam keajaiban kawan-kawan ..

Ada survey menarik dari Business Week tentang Negara-negara bahagia di dunia …

Berikut adalah 12 negara yang penduduknya paling bahagia. happiness-and-how-to-measure-it. Saya menampilkan ini bukan berarti kita merendahkan negara kita sendiri. Justru menjadi cambuk untuk kita semua (yang mengaku rakyat Indonesia) memajukan negara Indonesia tercinta ini …

Ayo terus ukirlah karya untuk bangsa. Suatu saat nanti, Indonesia menjadi negara yang disegani…

1. Denmark

GDP per kapita $34,600. Standar kehidupan yang tinggi dan pelayanan sosial yang oke, bikin negara ini menjadi yang paling baik dan paling menyenangkan untuk ditinggali. Sekolah negrinya top quality. Sekolah swastanya juga dapat terjangkau.

2. Switzerland

GDP per kapita $32,300. Tingkat kriminal di sini rendah. Infrastrukturnya bagus. Swiss juga punya Alpen, punya danau, lengkap. Harapan hidup di Swiss 80,5 tahun.

3. Austria

GDP per kapita $32,700. Tingkat harapan hidup di sini 79 tahun. Pemandangan di Austria bagus dan hukum di sana juga baik. Kemiskinan di negara ini hanya sekitar 6%.

4. Iceland

GDP per kapita $35,600. Tebak, berapa angka pengangguran di negara ini? 2.1% lho! Bayangkan dan bandingkan dengan Indonesia. Tingkat melek hurufnya juga tinggi.

5. Bahama

Dengan populasi 303,800 jiwa dan GDP $303,800, Bahama menduduki peringkat ke-5. Cuaca di sini sangat baik. Bahama memiliki perpaduan kultur Afrika dan Eropa.

6.Finlandia

Populasi negara ini diperkirakan sekitar 5.2 juta jiwa. Kualitas pelayanan kesehatan di sini sangat baik. Sekolah pun gratis. Satu hal, tahukah kamu kalau Finlandia memiliki pendidikan terbaik di seluruh dunia? Padahal jam belajar siswa tidak setinggi di Korea. Kenapa? Karena kualitas guru di Finlandia sangat baik. Guru digaji tinggi.

7. Sweden

Sistem kesejahteraannya merupakan salah satu yang terbaik di Eropa. Pajak di sini tinggi tapi, pemerintahannya transparan. GDPnya per tahun per kapita mencapai $29,800.

8.Bhutan

Ini aneh, karena Bhutan bisa menempati posisi ke-8 padahal GDP per kapitanya hanya $1,400 saja. Rendah, kan?! Mirip Indonesia. Tingkat melek hurufnya pun cuma 47%. Harapan hidup sekitar 55 tahun. Tapi Bhutan memiliki pemandangan yang indah dan kultur yang meresap baik di masyarakat. Bhutan memiliki kriteria bahagianya sendiri.

9. Brunei

GDPnya $23,600. Harapan hidup di negara kecil penghasil minyak ini sekitar 75 tahun. Pendidikan dan kesehatan di sini gratis. Subsidi perumahan dan beras pun menjadi tanggung jawab negara.

10. Kanada

Dengan GDP $34,000 dan harapan hidup 80 tahun, Kanada menempati urutan ke-10. Tingkat kejahatan di sini rendah. Pelayanan kesehatan juga baik. Pemandangan yang indah juga menunjang kebahagiaan penduduk negara ini.

11. Irlandia

Empat juta penduduknya dan GDP per kapitanya $41,000. Ekonomi terbuka & pendidikan yang baik menjadi penyumbang kebahagiaan penduduk Irlandia.

12. Luxemburg

GDPnya sangat tinggi, sekitar $55,600 per kapita. GDPnya merupakan yang tertinggi di dunia. 100% penduduknya telah melek huruf. Pada tahun 2005, Luxemburg menjadi negara yang teraman di dunia.

Kalau INDONESIA ? bandingkan ya.

GDP per kapita $1,600

Inflasi 2007: sekitar 6,3%

Pertumbuhan ekonomi: 6,2%

Penanaman modal asing: $12 juta (gile)

Merupakan 3 besar perusak lingkungan di dunia

Korupsi… salah satu yang terhebat di dunia

Pendidikan: kacau. Gaji guru rendah. Anak-anak rajin tawuran, jajan makanan murah dan berbahaya, bolos, nge-mall melulu, jarang belajar.

Kesehatan: ASKES selalu bermasalah. Rumah sakit tidak menerima orang miskin yang nggak bisa bayar. Rumah sakit mahal.

Kualitas udara: Jakarta merupakan salah satu kota dengan polusi terparah di dunia.

Kualitas air: buruk, banyak limbah dibuang di sungai, laut. Banyak penduduk yang buang sampah di sungai. Banyak yang masih mandi, cuci, gosok gigi buang air di kali. Ada sumur yang menghasilkan air plus gas metan.

Otomatis … Indonesia menjadi negara dengan kebahagiaan penduduk yang no.1001 dari seluruh dunia. Itulah Indonesia si Jamrud Khatulistiwa.

Makanya kita sebagai orang Indonesia harus semangat memperbesar kapasitas diri … minimal menjadi no 13 di dunia…

Aminn…

Comments
  1. Mochammad says:

    Barangkali orang Indonesia punya kriteria kebahagiaan tersendiri. Suka ngumpul2 meski nggak makan. Suka tertawa meski perut lapar. Pecinta olahraga sepakbola nomor 1 meski timnasnya miskin prestasi. Masih bisa makan dengan lahap meski dekat bantar gebang. Dst… dst…
    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com/
    http://notulabahasa.com/

    • Setuju,mungkin sperti itu…. hahaha…
      tp tetep kita harus cinta Indonesia,sapa lagi kalau bukan kita,yg bikin Indonesia ke depannya lebih baik lagi..
      salam kenal juga yah… tengs udh ngunjungin blog sy…

  2. Yana says:

    Spanyol juga harus dimasukkan , karena baru berbahagia meraih Juara Dunia 2010……….untuk pertama kalinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s