Ingin Sukses Tidak Cukup Hanya Modal Semangat

Posted: August 4, 2010 in Ter-inspirasi

Business Start UpTidaklah cukup terjun ke dunia bisnis yang luasnya bagaikan lautan tak bertepi, hanya berbekal motivasi atau semangat saja. Dan tidaklah cukup juga mengarungi bahtera kehidupan penuh tantangan dan kejutan hanya dengan berbekal semangat saja. Memang motivasi adalah modal dasar kita untuk melakukan segala sesuatu, karena tanpa motivasi orang akan tak berdaya sebelum bertindak apa pun. Namun demikian, tanpa sebuah peta yang benar dan baik, kemungkinan terbesarnya kita akan menemui risiko serta halangan yang mungkin akan berakibat fatal bagi bisnis, sekaligus masa depan kita. Tidak peduli seberapa besar pun motivasi yang kita miliki.

Stephen Covey mempunyai penggambaran yang menarik tentang motivasi. Ia mengandaikan, kalau seseorang ingin berkendara berkeliling di dalam kota Michigan, sedangkan orang itu tidak mempunyai peta kota tersebut, lalu malah menggunakan peta kota Detroit, maka semakin tinggi motivasinya, makin cepat pula ia akan tersesat.

Ada kalimat yang sangat menarik dilontarkan oleh panglima perang Sun Tzu : Apabila Anda menginginkan kemenangan di medan perang, maka terlebih dahulu Anda harus mengenal dengan baik keadaan sekitar, sungai-sungai, gunung-gunung serta hutan-hutan yang ada, dengan demikian baru pintu kemenangan akan terbuka untuk Anda.

Jadi sudahkah Anda memiliki peta itu ? kalau sudah, selamat. Dan gunakan peta itu dengan sebaik-baiknya dan dengan kemanpuan terbaik Anda. Kalau belum, segeralah temukan peta itu. Karena peta hidup dan peta kesuksesan tidak di jual di toko-toko terdekat di rumah Anda, tapi dari serangkaian pengalaman Anda dan Anda menikmati sensasinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s