Copy Paste yang rajin

Posted: October 16, 2010 in Ter-inspirasi

Anthony Dio Martin :

kaos copas“Jadilah Peniru (Copy Paste) yang Rajin” Saya merasa bahwa prinsip ATM yakni Amati, Tiru dan Modifikasi, banyak disalahterjemahkan.

Bahkan, baru-baru ini ada seorang penulis yang dengan bahasa yang agak ‘over’ mengatakan, “Mau jadi sukses? Gampang. Cari orang terbaik dibidangnya, tirulah apa yang dia lakukan. Lakukan prinsip ATM (Amati-Tiru dan Modifikasi), maka kamu pun akan menjadi sama suksesnya.” Hmmm…kelihatannya, si penulis ini terlalu menyederhanakan masalah. Prinsip ATM ini bagus untuk didengar, diajarkan, tetapi bisa pula ‘memfrustrasikan’ kalau dipraktekkan.

Masalahnya, saya jadi ingat dimasa pertengahan tahun 90-an, pernah berkembangan proses Benchmarking (meniru organisasi lain yang lebih sukses). Namun, dalam perjalanannya banyak proses benchmarking yang berakhir kegagalan. Mengapa? Sebuah kesuksesan tidak bisa ditiru begitu saja. Memang, Anda bisa meniru langkah-langkahnya tetapi, ada nilai serta filosofi dibalik langkah itu yang kadang tidak bisa kelihatan dan tidak bisa ditiru. Untuk itu, dibutuhkan kedisiplinan dan tekad Anda untuk belajar dan komiten Anda. Saya sendiri mengenal seorang trainer peniru Anthony Robbins yang sukses. Ia meniru persis Anthony Robbins. Tetapi, yang membuatnya berhasil bukanlah karena ia sekedar meniru. Ia pun membayar ongkosnya sendiri dengan belajar dan disiplinkan diri berjam-jam. Berlatih. Dan terus-menerus mengasah kemampuannya. Intinya, kalau mau menjadi peniru, jangan menjadi peniru yang malas! Anda tak mungkin sukses dengan menjadi seorang peniru yang malas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s