Lima Makanan Baik Untuk Otak Manusia

Posted: February 7, 2011 in Ter-inspirasi

Memory-FoodJika Anda ingin punya daya ingat yang kuat dan tidak cepat pikun, maka mulailah mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini.

Buah strawberry dan salmon mengandung nutrisi yang dapat membuat grey matter (sistem saraf pusat) kuat dan mengatasi depresi bahkan tumor otak, sebagaimana dikutip dari laman The Sun.

Sementara, semua buah berry kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres di otak.

1. Strawberry mengandung flavenoid disebut fisetin yang dapat menguatkan daya ingat, tetapi blueberry adalah yang terbaik untuk meremajakan sistem saraf pusat.

2. Choline, kunci untuk perkembangan otak dan daya ingat melimpah pada kuning telur. Nutrisi itu penting bagi anak di bawah umur tujuh tahun karena otak mereka berada dalam masa perkembangan. Namun harus berhati-hati karena telur memiliki kolesterol yang tinggi.

3. Biji-bijian, biji kopi kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan asam amino. Beberapa penelitian menunjukkan minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko demensia. Sebuah penelitian di Korea Selatan menemukan biji kopi dapat memperlambat pertumbuhan tumor otak.

4. Ikan Salmon dan ikan berminyak lainnya kaya akan asam lemak omega-3. Asam itu mengandung DHA yang membantu otak mengirimkan sinyal. Jumlah DHA yang rendah berdampak melemahnya daya ingat otak, kurang konsentrasi atau gangguan suasana hati, depresi, skizofrenia dan autisme.

5. Kacang banyak mengandung vitamin E yang baik untuk otak dan membantu mencegah pikun. Kenari sama seperti salmon, kaya akan omega-3. Kacang mete kaya akan magnesium yang memungkinkan lebih banyak oksigen ke dalam sel darah di otak. Kacang mengandung Choline yang meningkatkan sistem saraf pusat.(An/Dom)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s