Belajar-Melakukan-Mengajarkan

Posted: January 6, 2013 in Ter-inspirasi

Pemuda-RemajaPerjalanan hidup seseorang memang terkadang membuat kita tertegun dan takjub. Begitu menggelegarnya ketika kita mau menyimak jejak-jejak dan rekaman sejarah yang berhasil di torehkan oleh setiap orang. Dan faktanya semua rekaman tersebut unik dan istimewa. Tidak ada yang sama antara satu manusia dengan manusia yang lainnya. Bahkan dengan kembar identik sekalipun.

Yang membuat tantangan demi tantangan di lalui oleh beberapa orang yang di golongkan orang sukses di bidangnya, adalah cara mereka bertahan dan berkembang di masanya. Yah… hal inilah yang tanpa kita pungkiri, mereka pun berhasil menyandang tinta emas dan layak diceritakan ke anak dan cucu mereka.

Lihat saja beberapa tokoh dunia masa lalu, yang sering didengung-dengungkan oleh guru-guru kehidupan kita. Sejarah tentang kenabian dan kerasulan berikut dengan sahabat terbaiknya yang sering kita dengarkan dari guru spiritual kita. Serta hebatnya para pejuang masa kini, yang mereka habis-habisan menggunakan tehnik terbaiknya untuk mencapai impian-impian yang mereka doakan hampir setiap hari.

Tentunya kita pun sangat paham, pasti mereka mempunyai sebuah metode atau boleh dikatakan sebuah cara. Yang dengan metode ini, tanpa mereka sadari mereka bisa sukses signifikan. Bukan hanya sekedar sukses tapi juga signifikan. Apa metode tersebut? Saya sering menyampaikan di beberapa kelas pelatihan saya, yaitu Belajar, Melakukan dan Mengajarkan.

Apa yang istimewa dari metode ini? Sebetulnya kalau boleh jujur, metode ini tidak begitu istimewa kalau hanya sebatas di baca. Tapi akan begitu luar biasa sensasinya ketika sudah masuk ke program aktualisasi kita setiap hari. Mungkin saja bisa menjadi habbit kita, siapa yang tahu bukan?

Alangkah indahnya ketiga metode ini dilaksanakan, tanpa pincang salah satunya. Dan ini pun hak Anda mau mulai darimana. Kalau Anda mau memulai dari belajar, yah pelajari dengan seksama apa yang menjadi pembelajaran Anda, lalu praktekkan lalu ajarkan. Atau mungkin saja, Anda mulai dari praktek. Coba dulu dan gagal, terus mencoba lagi. Ingat jangan memikirkan hasilnya tapi prosesnya, setelah itu Anda belajar dan lalu mengajarkan. Atau Anda memulai dari mengajarkan sebuah ilmu yang sangat sederhana ke teman-teman Anda. Setelah disampaikan pastinya ada yang kurang, tidak masalah. Tinggal Anda belajar dan lalu melakukan apa yang Anda pelajari.

Kalau proses ini Anda jalankan dengan sempurna, lihat apa yang terjadi dalam kehidupan Anda? Penasaran? Jangan penasaran, karena penasaran membuat Anda tetap di tempat Anda sekarang. Bangun dari kursi dan tempat tidur Anda lalu Action !

Yang bahayanya dari ketiga motode ini adalah, kalau tidak dijalankan sempurna atau pincang salah satunya. Dan pastinya Anda di cap kurang bagus oleh rekan-rekan Anda. Contoh Anda belajar terus menerus dan melakukan, tapi Anda enggan sekali mengajarkan. Maka rekan-rekan Anda tidak segan-segan mencap Anda sebagai seorang yang egois. Ilmu Anda simpan sendiri dan tidak mau diajarkan kepada orang lain.

Selanjutnya, Anda belajar dari guru Anda dan sering mengajarkan kepada rekan-rekan Anda, tapi Anda tidak mau melakukan apa yang Anda pelajari dan yang Anda ajarkan. Apa yang terjadi? Cap munafik akan melekat ke dalam diri Anda. Atau Anda sering mengajarkan setelah itu Anda lakukan tapi malas sekali belajar ilmunya, sudah pasti Anda tipe orang yang menyesatkan banyak orang. Ngajarin semangat, akan tetapi belajar malas. Apa kata dunia?

Yah, belajar-melakukan-mengajarkan adalah metode yang terus saya aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi profesi saya sebagai Trainer yang menuntut ketiga metode ini terus di laksanakan setiap hari dari hari ke hari. Saya saja bisa, bagaimana dengan Anda?

Selamat menjadi pembelajar abadi, eksekusi sejati dan pengajar dari hati. Serta salam antusias dari kami…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s