Kuliah Tujuh Tahun, So What Gitu Loh

Posted: January 28, 2013 in Ter-inspirasi

KuliahHmm… judulnya bukan berarti pembenaran, dan ngomporin temen-temen yang masih mahasiswa untuk lulus lama atau bahkan sampai selama saya (walaupun ada sedikit perasaan kaya gitu, hehe…) tapi bagiku ini adalah sebuah anugrah terindah yang pernah Allah kasih kepadaku… Allah MahaTahu akan kebutuhan hambaNya.

Tujuh tahun bagiku adalah waktu yang pas untuk melang-melintang makan bangku kuliahan (sampe kenyang banget). Akan tetapi, pengalaman saya yang terbanyak bahkan bukan dari kuliah, tempat yang banyak orang bilang tempat yang paling membosankan. Untung saja saya tidak termakan kata orang bilang. Karena ada sebagian orang sependapat dan sebagian lagi tidak.

Contohnya saja, saya melatih public speaking justru di organisasi intra dan extra kampus, saya melatih komunikasi dan negosiasi malah di bidang bisnis (sampe babak belur). Saya melatih kemampuan leadership dan manajerial belajar langsung dari orang-orang hebat di bidangnya, yah… bener-bener hebat di bidangnya, minimal di persepsiku saat itu. Bagi saya kuliah 7 tahun, bukan saya menyelesaikan masa aktif saya kuliah selama 7 tahun dan mendapatkan gelar Sarjana Sosial. Tapi saya juga sedang menyelesaikan gelar sarjana di universitas kehidupan…

Tentu saja… universitas kehidupan. Universitas itulah yang menggemblengku menjadi sosok pembelajar abadi, mempunyai impian yang besar (karena orang-orang besar mempunyai impian yang besar), mempunyai teman-teman, sahabat-sahabat, guru-guru kehidupan yang mengajari saya langsung tanpa sistem nilai A,B,C,D,E bahkan tanpa memakai sistem SP (semester pendek, yg mengajari saya berpikir serba instan), yang mungkin nggak saya dapat kan di bangku kuliah… bahkan kalaupun saya lulus jadi sarjana di universitas kehidupan, saya akan melanjutkan S2, S3, S4, S5… dan saya tidak akan pernah berhenti belajar dari kehidupan di universitas kehidupan sampe badan saya habis dimakan rayap.

Yah jujur-sejujurnya kalau boleh dibilang, saya benar-benar tidak menyesal kuliah selama itu. Walaupun banyak teman-teman saya yang mengejek, nyindir, sinis atau apalah itu, bahkan sudah semakin kejam saja bagi saya pada saat itu, tapi tidak apa-apa… karena hidupku adalah hidup ku dan hidupmu adalah hidupmu… dan memang benar hidup adalah pilihan,dan setiap pilihan mempunyai konsekuensinya masing-masing, itu sudah alamiah dari sononya… tinggal kita bisa memaknai dari pilihan itu, lalu memutuskan dan kita siap menerima konsekuensinya… sesederhana itu…

Mungkin ini bisa menjadi pelipur lara buat orang-orang yang mungkin merasa ngedown karena sudah kelamaan masa studinya. Saya yakin, teman-teman mempunyai beberapa hal yang menjadi alasan utama memutuskan itu, atau bahkan dengan lamanya teman-teman, ada beberapa hikmah yang tidak bisa didapatkan oleh orang-orang diluaran sana. Bagi yang tepat waktu lulusnya… saya ucapkan SELAMAT… karena anda telah memilih kehidupan seperti apa nantinya… ingat HIDUP ADALAH PILIHAN, DAN KITA BERHAK MENENTUKAN PILIHAN ITU… ASALKAN KITA BAHAGIA DAN BERSYUKUR ATAS PILIHAN KITA… Selamat mengambil keputusan dan menerima resikonya… salam keajaiban…

Comments
  1. Pra says:

    Yup bener banget. Lagi pula lulus cepet dan punya ipk bagus belum tentu kerja enak. Jaman sekarang cuman sutuh skill.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s