Repetition Power

Posted: March 11, 2013 in Ter-inspirasi

Salam antusias kawan-kawan semua…

Pernahkah kita menulis buku harian ? Apakah yang kita tulis lebih banyak keluhan atau rasa syukur ? Apakah yang terbubuhi dalam buku harian kita lebih banyak umpatan atau ungkapan bahagia ?

Apakah kita sering meng-update status kita di Twitter atau Facebook kita? Status nya banyak keluhan atau banyak doanya? Hayyoo… ngaku!

repetition11Tanpa kita sadari tulisan-tulisan kita di buku harian atau di sosial media, banyak keluhan atau jangan-jangan malah lebih parah lagi ada nada-nada mengumpat atau menghina diri kita sendiri. Misal, “bodoh banget sih gue, udah tau dia nggak suka sama gue, masih aja berharap sama dia…” atau “kenapa sih gue dikasih tubuh yang pendek kaya gini, coba kaya dia, tinggi, semampai dan sebagainya…”

Atau lebih parah lagi “udah dari dulu gue bilang, gue tuh nggak bisa apa-apa, gue tuh orang yang selalu sial, ngapain juga gue nerima masalah kaya gini …” dan bla..bla..bla… masih banyak lagi buku harian atau status kita ternodai dengan kata-kata hujatan untuk diri sendiri. Coba cek!

Tahu apa yang terjadi, jika ini ter-akumulasi terus-menerus dalam hidup kita. Bisa kita sama-sama tebak. Hidup pun jadi susah, malas, kayanya semua hal serba tidak memihak kepada kita. Pokoknya hasilnya selalu negatif. Apalagi dibubuhi dengan emosi. Semakin cepat saja program itu masuk ke bawah sadar otak kita. Dan outputnya cuma keluhan saja yang keluar dari pikiran kita. Negatif lah program yang kita buat sendiri untuk pikiran kita yang mungkin pikiran sadar kita menolaknya. Padahal kemampuan pikiran bawah sadar 9 kali lebih hebat daripada pikiran sadar.

Mengapa bisa begitu? Jawabannya sederhana. Yaitu Repetisi atau pengulangan. Pikiran bawah sadar mempunyai sifat repetisi atau pengulangan. Apapun informasi yang masuk ke dalam pikiran bawah sadar kita dengan perlakuan repetisi atau pengulangan, itu akan mengendap sangat lama dan sangat dalam dalam pikiran kita. Apalagi disertai dengan emosi yang mendalam. Nggak percaya? Mau contoh. Mungkin bagi yang muslim, saya akan bertanya. Apakah Anda hapal surat Al-Fatihah ? jawabannya pasti serempak hapal. Kenapa ? karena dari kecil informasi tentang surat Al-Fatihah itu telah dimasukkan dengan perlakuan repetisi atau pengulangan. Sudah berapa ratus ribu kali atau mungkin berapa juta kali surat Al-fatihah kita ucapkan secara berulang-ulang. Alhasil, surat Al-Fatihah itu sudah hapal di luar kepala. Hapalnya bukan main.

Begitulah informasi yang ter-registrasi dalam pikiran kita yang sangat dalam mengendap dalam pikiran. Sederhana bukan ? Terus bagaimana caranya informasi yang belum masuk dan ingin mengendap begitu lama di pikiran kita? Sederhananya, buatlah pikiran kita menerima informasi dengan cara pengulangan. Hasilnya ? sungguh luar biasa. Dengan cara itulah informasi itu akan menembus RAS (tembok antara pikiran sadar dengan pikiran bawah sadar). Kalau sudah masuk ke pikiran bawah sadar, maka informasi apapun akan mengendap lama.

Jadi apapun informasi yang masuk dengan cara pengulangan. Tanpa kita sadari, informasi itu masuk ke pikiran bawah sadar kita. Untuk itulah buat informasi yang positif lebih banyak masuk ke pikiran kita daripada informasi negatif, maka tingkah laku kita pun akan positif.  Paling gampang memasukkan input-input positif adalah dengan cara berkumpul dengan orang-orang positif (komunitas positif, seperti Sang Pembelajar), karena orang-orang positif pasti berbicara pun juga hal-hal yang positif. Untuk itu, tugas kita sekarang, entah dimanapun Anda berada, carilah lingkungan yang positif yang membawa kemajuan dalam hidup kita. Siap ?? okeh … Selamat mencari lingkungan positif, atau mau bergabung dengan sang pembelajar? Tunggu apa lagi, langsung ACTION!

Comments
  1. Agus says:

    Terima kasih atas tulisannya, menambah pengetahuan saya mengenai pikiran sadar & bawah sadar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s