Tujuh Cara Belajar Seorang Sang Pembelajar

Posted: March 14, 2013 in Ter-inspirasi

Salam Antusias kawan-kawan semua …

Man writing to do listBanyak orang beranggapan bahwa setelah mereka lulus sekolah dan mulai bekerja, mereka sudah tidak perlu belajar lagi. Anggapan seperti itu jelas aja keliru total. Bila Kamu ingin menjadi orang yang sukses, Kamu harus terus belajar dan belajar, begitulah sejatinya pembelajar sejati.

Mengapa demikian? Karena zaman terus berubah dan ilmu pengetahuan terus berkembang dan berkembang. Dulu orang menggunakan surat dan telegram untuk menyampaikan informasi kepada teman atau kerabat yang berada di tempat jauh, tetapi sekarang cara tersebut sudah ditinggalkan dan digantikan dengan SMS, email, dan telepon/handphone, yang ternyata perbedaan waktunya sangat singkat.

Dulu orang menggunakan mesin ketik untuk menulis surat-surat atau dokumen-dokumen penting, tetapi sekarang penggunaan mesin ketik sudah ditinggalkan dan digantikan dengan komputer. Dulu banyak pekerjaan harus dikerjakan secara manual, tetapi sekarang cara manual sudah mulai ditinggalkan dan digantikan dengan cara digital. Perubahan demi perubahan terus berlangsung di berbagai bidang. Bila Kamu berhenti belajar, Kamu akan tertinggal jauh dan tenggelam oleh zaman. Bukan hanya itu saja, Kamu akan siap-siap tergilas oleh zaman.

Dari uraian di atas jelas Nampak bahwa belajar tanpa henti merupakan salah satu syarat yang harus kita penuhi bila kita ingin menjadi orang yang sukses di zaman ini. Betul atau betul?

Karena itu, dalam tulisan saya ini saya akan share 7 (tujuh) cara belajar yang dapat Kamu pergunakan untuk mencapai kesuksesan yang siap Kamu rencanakan dan kamu raih.

Pertama

Dengan membaca buku. Saya tahu tidak semua orang suka membaca buku. Akan tetapi, bila Kamu ingin menjadi orang sukses, cobalah untuk menyukainya. Dulu sebelum kuliah saya termasuk orang yang tidak senang membaca buku. Bahkan terkadang mau muntah-muntah melihat buku (lebay mode on), Tetapi setelah saya berkenalan dengan orang-orang sukes, semuanya mempunyai kebiasaan yang sama, yaitu membaca buku. Bacalah buku-buku yang berhubungan dengan bidang yang sedang Kamu tekuni sampai Kamu menjadi ahli di bidang tersebut.

Kedua

Dengan surfing di internet. Carilah artikel-artikel yang bermanfaat bagi kemajuan karir  Kamu dan dapat membantu Kamu menjadi ahli di bidang yang sedang Kamu tekuni. Bila Kamu adalah seorang Internet Marketer, carilah artikel-artikel yang membahas strategi-strategi pemasaran dan penjualan melalui internet yang efektif. Bila Kamu ingin menjadi trainer di bidang  komunikasi, carilah artikel yang berhubungan tentang komunikasi. Bila Kamu adalah seorang programmer atau seorang yang bergerak dalam dunia teknologi informasi, carilah artikel-artikel yang membahas masalah teknologi informasi serta perkembangan- perkembangannya. Bila Kamu adalah seorang yang bergerak dalam dunia medis dan kesehatan, carilah artikel-artikel yang membahas masalah-masalah kesehatan dan segala hal yang berhubungan dengannya. Hebatnya, segala macam ilmu pengetahuan ada di internet.

Ketiga

Dengan mendengarkan audio book. Dewasa ini ada beberapa perusahaan yang menerbitkan buku-buku dalam bentuk audio. Bila Kamu tidak ingin repot, Kamu dapat mengkonversikannya ke format MP3, sehingga dapat Kamu masukkan ke dalam MP3 player atau Ipod Kamu. Dengan demikian Kamu dapat mendengarkan audio book itu sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Ketika Kamu sedang berkendaraan atau sedang menganggur, Kamu juga dapat mendengarkannya untuk memperkaya pengetahuan Kamu. Semakin mudah saja kan?

Keempat

Dengan mengambil kursus tambahan atau kuliah lanjutan. Sambil bekerja Kamu dapat mengambil sebuah kursus tambahan untuk menambah keterampilan Kamu di suatu bidang tertentu. Kamu juga dapat mengambil kuliah lanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Kamu. Tapi ingat, niatkan untuk menambah ilmu.

Kelima

Dengan mengikuti seminar-seminar atau pelatihan-pelatihan yang membahas bidang yang sedang Kamu tekuni. Selain dapat menambah pengetahuan Kamu, seminar-seminar atau pelatihan-pelatihan itu biasanya juga dapat menginspirasi dan membangkitkan semangat kerja Kamu kembali. Dalam seminar atau pelatihan itu Kamu juga dapat bertemu dan berkenalan dengan orang-orang yang memiliki bidang pekerjaan yang sama dengan Kamu. Dengan demikian Kamu dapat saling bertukar pikiran dan mungkin juga menjalin hubungan kerja dengan mereka.

Keenam

Bersahabat dan menjalin hubungan baik dengan orang yang lebih ahli atau pakar di bidangnya, dan biasanya memiliki pengaruh besar dalam kehidupan kita, bahkan lebih besar dari pada pengaruh buku yang kita baca atau guru yang mengajar kita. Karena itu, bersahabat dengan orang yang lebih ahli secara tidak langsung juga akan membentuk kita menjadi lebih ahli. Atau cara yang paling sederhana, berkumpulah dengan orang-orang se-visi dengan membentuk MasterMind misalnya. Kalau ngga mau repot, gabung saja di MasterMind Sang Pembelajar.

Ketujuh

Dengan belajar dan bertanya kepada yang sudah ahli dan sudah sukses. Misalnya, Kamu dapat belajar dan bertanya kepada pemimpin atau bos Kamu. Bila mereka mampu meraih prestasi dan jabatan yang lebih tinggi dari Kamu, itu berarti mereka memiliki sesuatu yang lebih yang tidak Kamu miliki. Belajarlah dari pengalaman-pengalaman mereka dan tanyakan kiat-kiat mereka dalam meraih kesuksesan mereka itu. Kan sukses meninggalkan jejak, kalau mereka sudah meraih kesuksesan, sejatinya meninggalkan jejak kan? Ikuti jejak yang sudah mereka buat. Nanti kita pun akan sukses.

Itulah 7 (tujuh) cara belajar yang dapat saya bagikan. Intinya : terapkan ketujuh cara tersebut sebaik-baiknya dan jadilah seorang pembelajar sejati.  Dengan demikian Kamu akan berada selangkah lebih dekat dengan kesuksesan Kamu.

Selamat mempraktekkannya.

*Tulisan ini di dedikasikan untuk sahabat-sahabat saya yang selalu komitmen di MasterMind Sang Pembelajar dan komunitas pembelajar yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s