Rumus 3K

Posted: April 15, 2013 in Ter-inspirasi

I wonKetika saya kuliah dulu, ungkapan Mahasiswa sebagai agent of change, sudah menggema seantero kampus dan menjadi terminal lalu lalu-lalang di telinga saya. Sudah tidak asing lagi kalimat itu, bahkan ketika ospek pun saya sudah dicekokkin lirik penyemangat sebagai seorang mahasiswa yaitu mahasiswa adalah agen perubahan. Perubahan menuju perbaikan dan pemberdayaan. Pertanyaan yang timbul dalam pikiran saya adalah, benarkah mahasiswa sebagai agent of change?

Sederhana tapi rumit, dan rumit tapi sederhana. ah gimana sih? Gini teman-teman. Pengertian perubahan (Change), adalah situasi dari kondisi A berubah ke kondisi B,atau secara gamblang kita sebut aja, kondisi dari tidak baik ke kondisi baik. Atau bahkan sebaliknya. Pernahkah teman-teman menonton film ksatria baja hitam ketika waktu kecil dulu, ketika Kotaro Minami berubah menjadi ksatria baja hitam. Dengan menyebut kata “berubah”, akhirnya kotaro berubah dari yang lemah menjadi kuat, untuk membasmi musuh-musuhnya. Yah… seperti itu layaknya perubahan, tapi tidak seinstan itu yah, karena yang namanya perubahan butuh proses.

Uniknya kalimat itu, jadi sebuah kata mutiara untuk saya terutama pada saat saya di kuliah dulu. Atau tidak sedikit jumlahnya beberapa mahasiswa menganggap kalimat tersebut cuma slogan belaka.

Sejatinya memang menjadi seorang mahasiswa harus menjadi agen perubahan. Katakanlah perubahan adalah produknya, kita sebagai mahasiswa adalah distributor atau penyalur produk-produk itu, karena itulah definisi yang paling sederhana dari kata agen. Kalau teman-teman adalah agen beras, otomatis tugas teman-teman harus mendistribusikan beras-beras itu bukan? Nah begitu juga agen perubahan. Sepatutnya, seharusnya, bahkan wajib hukumnya kita menjadi distributor perubahan untuk lingkungan-lingkungan di sekitar kita. Apakah kenyataannya seperti itu?

Sempat miris melihat beberapa mahasiswa dan itu sebagian adalah teman saya sendiri, mengisi waktunya untuk hal yang itu-itu saja. Mereka menjadi mahasiswa biasa, yang alur hidupnya cuma makan, tidur dan kuliah. Maka tak heran banyak mahasiswa yang hanya menjadi vampir (penghisap darah) bagi lingkungan dan orang tuanya. Sudah otomatis mahasiswa itu, tidak mau dan enggan tentunya menandatangani kontrak untuk menjadi ‘agen perubahan’.

Cukup sederhana jadinya, kalau teman-teman mau menjadi mahasiswa biasa-biasa saja, atau tidak sukses di kampus, cukup lakukan 3K, Kampus, Kantin, Kosan. Artinya adalah, hidup teman-teman, setelah bangun pagi, berangkat ke kampus, lalu ke kantin untuk istirahat dan makan siang, setelah selesai semuanya pulang ke kosan. Begitu setiap harinya. Lalukan mirip seperti itu, saya jamin teman-teman tidak akan sukses di kampus.

3K itulah pola membosankan yang menjadikan kita generasi amburadul. Tidak ada impian, tidak ada target, tidak ada keyakinan, tidak ada tantangan, tidak ada networking tidak ada jaringan kehidupan, dan biasanya prinsip hidup orang-orang seperti itu, “seperti air aja lah, ikuti kemana mengalir”. Dia pasrah pada keadaan yang membuatnya mempunyai mental menyerah dan menyerah pada nasib. Dan saya sudah menganalisa, ketika teman-teman memakai rumus 3K, di dunia kerja atau bisnis, dia menjadi orang yang biasa-biasa saja. Menjadi manusia yang pasif terhadap keaadaan, asal nerimo.

Dan saya yakin setelah teman-teman membaca tulisan ini, hapuskan segera dari otak dan pikiran kita rumus 3K ini. Karena saya meyakini teman-teman mau secara sukarela menjadi agen perubahan untuk diri kita, keluarga kita, sahabat-sahabat kita, orang-orang yang kita sayangi, lingkungan kita, daerah kita, negara kita, hingga dunia yang kita tempati sekarang. Indonesia butuh orang-orang seperti teman-teman. Butuh banyak agen untuk merubah bangsa ini menjadi lebih baik lagi dan disegani oleh bangsa-bangsa lain. Amin… kalau teman-teman setuju untuk menjadi ‘agen perubahan’, dan daftarnya gratis kok, silahkan tandatangan dibawah tulisan ini, dan katakan dalam hati teman-teman, “ya saya siap menjadi agen perubahan”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s