Mengapa ‘harus’ belajar komunikasi

Posted: September 23, 2014 in Ter-inspirasi

communicationPernahkah Anda membayangkan jika didunia ini tidak ada komunikasi?

Waw… mungkin saja tidak ada yang namanya dunia. Tidak ada interaksi antara manusia atau bisa jadi tidak ada yang namanya panca indra seperti mulut dan telinga. Karena memang Tuhan menciptakan manusia memiliki kemampuan dasar yaitu berkomunikasi.

Lantas, jika memang ini pemberian Tuhan bahwa manusia pada dasarnya dapat berkomunikasi, lalu mengapa kita ‘harus’ belajar sebuah kemampuan yang namanya ‘komunikasi’?

Ada sebuah pernyataan menarik dari The Conference Board, Corporate Voices for Working Families, Partnership for 21st Century Skills, and the Society for Human Resource Management groups. Kesimpulannya adalah ada lima kemampuan yang harus dipelajari oleh manusia zaman sekarang. Dan yang teratas adalah kemampuan berkomunikasi. Fakta yang menarik bukan

Saya sering  mengatakan di kelas pelatihan-pelatihan saya, mengapa kita semua harus belajar komunikasi? Jawabannya sederhana “Personal Discovery”. Semakin seseorang belajar berkomunikasi dengan baik kepada diri sendiri dan orang lain, semakin dia mengenal siapa dirinya. Inilah salah satu tujuan komunikasi yang sesungguhnya.

So, sudah saatnya kita semua belajar komunikasi kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s